Pages

Kamis, 19 September 2013

Profil Band Thirty Seconds to Mars



Thirty Seconds to Mars (Indonesia : Tiga Puluh Detik ke Mars) (juga dikenal sebagai 30 Seconds to Mars) adalah sebuah band Alternative Rock dari Los Angeles, California, Amerika Serikat yang dibentuk pada tahun 1998. Sejak tahun 2007, band ini telah konsisten terdiri dari aktor Jared Leto (vokal, gitar, bass, keyboard, penulis lagu), Shannon Leto (drum, perkusi) dan Tomo Milicevic (lead guitar, bass, keyboard, string). Setelah kepergian Matt Wachter (sekarang di Angels & Airwaves). 


Pada tahun 2007, Tim Kelleher menjadi bassis untuk grup, tampil live hanya dengan Jared dan Milicevic untuk studio rekaman, sedangkan Braxton Olita (keyboard) ditambahkan ke touring lineup tahun 2009. Sebelumnya, kelompok ini juga menampilkan gitaris Solon Bixler (sekarang dari Great Northern) dan Kevin Drake (sekarang Polaroid Kiss). Sampai saat ini, Thirty Seconds to Mars telah merilis empat album studio - 30 Seconds to Mars (2002), A Beautiful Lie (2005), This Is War (2009), Love, Lust, Faith and Dreams (2013) dan tiga EP - AOL Sessions Undercover (2007), To Edge of The Earth (2008), dan MTV Unplugged: 30 Seconds to Mars (2011). Pada Mei 2013, band ini telah menjual lebih dari 10 juta album di seluruh dunia.

Riwayat band

Formasi

Dibentuk pada tahun 1998 oleh aktor Jared Leto dan saudaranya, Shannon, 30 Seconds to Mars dimulai sebagai proyek kecil keluarga. Matt Wachter kemudian bergabung dengan band sebagai bassis dan pemain kibor. Setelah bekerja dengan dua gitaris lainnya, Kevin Drake dan Solon Bixler, kemudian band mengaudisi Tomo Miličević untuk bergabung dengan band.
Menurut sebuah wawancara dari Virgin Records, mengenai nama band ini;
"Nama band sebenarnya berasal dari tesis yang ditemukan secara online, ditulis oleh seorang mantan profesor Harvard. Dan salah satu bagian dari tesis berjudul "Thirty Seconds to Mars" dan di dalamnya berbicara tentang perkembangan eksponensial teknologi yang berhubungan dengan manusia dan secara harfiah kita menemukan diri kita dalam tiga puluh detik ke mars. Dan kami pikir itu adalah yang terbaik untuk menggambarkan musik kami, singkatnya".[2]
Meskipun Jared Leto adalah aktor besar Hollywood, dia memilih untuk tidak menggunakan posisinya itu untuk menaikkan nama band dan bahkan, dia menolak untuk bermain di tempat jika mereka telah menggunakan namanya untuk mempromosikan band.

30 Seconds to Mars (2002-2005)

Album self-titled mereka dirilis pada 27 Agustus 2002 oleh Immortal Records dan Virgin Records, yang diproduksi oleh Bob Ezrin dan Brian Virtue. Singel pertamanya, "Capricorn (A Brand New Name)", memuncak pada nomor 31 di Mainstream Rock Tracks Billboard. Dalam video musiknya, para anggota band berada di padang pasir dimana terdapat orang-orang sedang menggali lubang lumpur. Band ini bermain di dalam sebuah galian yang ditonton oleh orang-orang. Singel kedua album ini adalah "Edge of the Earth".

 A Beautiful Lie (2005-2008)
Album kedua mereka, A Beautiful Lie, dirilis pada 30 Agustus 2005 oleh Immortal Records dan Virgin Records, yang diproduksi oleh Josh Abraham. Singel pertama, "Attack", membawa 30 Seconds to Mars menuju kesuksesan. Video musik untuk lagu ini difilmkan di sebuah hotel yang telah terlantar di Hollywood.
Pada bulan Januari 2006, album ini meraih platinum oleh Recording Industry Association of America untuk distribusi lebih dari satu juta album. Pada bulan Maret 2006, band ini memulai tur pertama mereka, disebut Forever Night, Never Day. Pada Oktober 2006, band ini memulai Welcome to the Universe Tour, disponsori oleh MTV2.

Singel kedua dari album ini adalah "The Kill" yang mengikuti keberhasilan singel sebelumnya. Lagu ini menghabiskan 52 minggu di Modern Rock Tracks Billboard. Video musik lagu ini berdasarkan film Amerika Shining. Singel ini memenangkan MTV2 Award di MTV Video Music Awards, Best Single di Kerrang! Awards, Best Live Action Terbaik di mtvU Woodie Awards, Video of the Year dan Best Rock Video di MTV Australian Music Awards dan Best Video Inspired By Film di Fuse Chainsaw Awards. Singel ini juga menduuki nomor 18 pada tangga lagu Top 100 Hit MTV Italia tahun 2007.
Pada 1 Maret 2007, saat tur di El Paso, Texas, Jared Leto mengumumkan bahwa ini adalah konser terakhir dari 30 Seconds to Mars bersama Matt Wachter. Dia mendedikasikan lagu terakhir saat acara, "R-Evolve", untuk Matt. Mereka juga bermain di berbagai festival seperti Roskilde, Rock am Ring, Pinkpop, Give It A Name dan Download.

Singel ketiga dari album ini adalah "From Yesterday" juga meraih kesuksesan. Video musik ini diinspirasi dari film Italia, The Last Emperor. Ini adalah video musik rock pertama dari Amerika yang pernah disyut secara keseluruhan di Republik Rakyat Cina. Singel ini memuncak di nomor 1 Modern Rock Tracks Billboard, serta tangga lagu di Eropa, Bolivia dan Latvia. Saat itu, 30 Seconds to Mars juga memenangkan Best Artist di TRL Awards Italia, Best Rock Artist di MTV Europe Music Awards, Best of 2007 di Fuse Awards dan Best International Artist di Bandit Rock Awards.

Singel keempat dari album ini adalah "A Beautiful Lie" dan sangat sukses. Video musiknya adalah montase gambar Greenland, dengan adegan band ini bermain di gunung es. Singel ini memenangkan Video Star di MTV Asia Awards dan di MTV Europe Music Awards, dan di tahun 2009 singel ini bersertifikasi Gold oleh MTV International. Pada bulan April 2008, singel kelima dari album 30 Seconds to Mars, "Story", dirilis hanya di Argentina.

30 Seconds to Mars pada tahun 2008 memenangkan Best Single untuk "From Yesterday" dan Best International Band di Kerrang! Awards, Best Rock Artist International di MTV Latin America Awards dan Best Rock Artist di MTV Europe Music Awards yang juga menjadi salah satu pembawa acaranya.

Gugatan Virgin Records dan This Is War (2008-sekarang)

Pada bulan Agustus 2008, Virgin Records mengajukan gugatan sebesar $30 juta, menggugat band karena menolak untuk menyampaikan tiga album seperti yang dipersyaratkan oleh kontrak. Menurut gugatan, band ini "menolak" kontrak pada bulan Juli 1999.

Pada edisi 11 Februari 2009, Kerrang! mengatakan judul untuk album baru mereka adalah This is War.. Di Twitter, Jared merilis sedikit informasi tentang perjalanannya ke Haiti, dan merekam lagu berjudul "Hurricane" dengan Kanye West dan Brandon Flowers dari The Killers.
Pada 28 April, mereka kembali dari EMI dan gugatan itu dibatalkan.

Segera setelah pengumuman penyelesaian gugatan, 30 Seconds to Mars mengatakan kepada MTV News bahwa mereka telah berjanji untuk merilis This is War pada Oktober 2009. Menurut Twitter mereka, mereka memiliki setidaknya empat lagu yang telah diselesaikan untuk album baru mereka tanggal 27 Mei. Meskipun tanggal ini telah berubah beberapa kali, 30 Seconds to Mars telah mengumumkan bahwa This is War akan dirilis pada 8 Desember 2009.

Anggota band

Anggota saat ini

  • Jared Leto - vokal, gitar, gitar bass, lirik
  • Tomo Miličević - gitar, biola, gitar bass, kibor/synth, programming
  • Shannon Leto - drum, perkusi

Mantan anggota

  • Matt Wachter - gitar bass, kibor/synth
  • Solon Bixler - gitar
  • Kevin Drake - gitar

Anggota tur

  • Tim Kelleher - bass,
  • Braxton Olita - gitar, kibor/synth
  • Diskografi

    Album

  • 2002 - 30 Seconds to Mars
  • 2005 - A Beautiful Lie
  • 2009 - This Is War
  • 2013 - Love,Lust,Faith and Dreams

Singel

  • 2002 - Capricorn (A Brand New Name)
  • 2003 - Edge of the Earth
  • 2005 - Attack
  • 2006 - The Kill
  • 2006 - From Yesterday
  • 2007 - A Beautiful Lie
  • 2009 - Kings and Queens
  • 2010 - This Is War
  • 2010 - Closer to the Edge
  • 2011 - Hurricane
  • 2011 - Night of the Hunter
  • 2013 - Up In the Air
  • 2013 - Do or Die

0 komentar:

Posting Komentar